Search

21 Apr 2011

Dua Kuil Warisan Dunia

Jika berada di Korea Selatan, Bulguksa atau Kuil Tanah Buddha harus Anda kunjungi. Kuil ini dibangun pada abad kedelapan di pegunungan Tohamsan. Beberapa bagian dari kuil memang sudah direnovasi. Meski begitu, kesakralan kuil yang menjadi salah satu objek wisata Negeri Ginseng tetap terjaga.

Jalan masuk ke kompleks kuil adalah undakan dengan kemiringan 45 derajat. Total undakan sebanyak 33 langkah, yang berarti 33 langkah pencerahan. Di halaman utama kuil berdiri dua pagoda sebagai manifestasi keinginan masyarakat Korea ketika itu untuk mewujudkan cita-cita sang Buddha di dunia fana. Di salah satu bangunan terdapat ruang meditasi. Sayangnya, kegiatan di dalam tidak bisa diambil gambarnya.

Bulguksa adalah manifestasi langit dan bumi yang kelestariannya tetap dijaga. Sehingga pada 1995 Bulguksa ditetapkan sebagai warisan sejarah dunia oleh UNESCO.

Tidak jauh dari Bulguksa, ada tempat pertapaan bernama Seokguram Grotto. Kuil ini masih menjadi bagian dari Kuil Bulguksa. Untuk mencapainya, harus dilalui dengan berjalan kaki.

Di Seokguram Grotto ada patung Buddha setinggi tiga setengah meter duduk beralaskan teratai. Pengunjung dapat masuk ke dalam untuk bersembahyang atau sekadar menatap patung sang Buddh. Sayangnya, patung Buddha besar dengan pahatan halus itu tak bisa diambil gambarnya.

Puas mengelilingi kuil, Anda bisa mencoba minum air yang dipercaya bisa membuat awet muda

0 komentar:

Posting Komentar